Minggu, 03 Juli 2011

MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PELAJUR Transformasi Budaya Dengar menuju Budaya Tulis....


Semarang- Lembaga Pers Mahasiswa Islam menyelenggarakan (PELAJUR) Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, Kamis- Jum'at, 30 Juni – 1 Juli 2011. Pelatihan diselenggarakan di Aula Majlis Ta'lim bapak Khaerudin, MT, Jln. Sendangsari IV Srondol Kulon Banyumanik Semarang. Kegitan ini di selenggarakan untuk menumbuhkembangkan kemampuan menulis di kalangan mahasiswa pada umumnya dan khususnya bagi kader Himpunan Mahasiswa Islam. Pelatihan Jurnalistik yang dibuka untuk umum ini bertemakan “Menumbuhkembangkan Skill Kejurnalistikan: upaya Mewujudkan Masyarakat Demokratis”. Acara dibuka pukul 09.00 WIB, oleh Siti Fatimah, sebagai pelaksana tugas ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Semarang. Peserta dalam pelatihan ini berjumlah sekitar 15 orang.

Kemampuan menulis mahasiswa banyak yang belum muncul”, ujar pak Ade salah seorang pembicara dalam pelatihan ini. Hal ini dikarenakan disebabkan negara Indonesia, sedang berada pada fase budaya dengar, bukan budaya tulis. Sehingga dalam pelatihan ini diharapkan budaya menulis di kalangan mahasiswa menjadi lebih berkembang. Dan diharapkan lagi sedikit-demi sedikit negara kita merambah menjadi negara dengan budaya tulis.
Materi-materi dalam pelatihan ini, sangat bervariasi, mulai dari teknik menulis berita, artikel, puisi, dan karya tulis yang lain. Di sampaikan juga tentang investigasi reporting, organisasi dan kejurnalistikan serta. Manajemen pengelolaan media massa. Serta Out Bound sebagai Ice Breaking dalam pelatihan tersebut.
Kegitan ditutup dengan kunjungan dan audiensi ke harian Radar Semarang-Jawa Pos Group, di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77 Watugong Semarang. Kunjungannya ke Jawa Pos – Radar Semarang; yang dipimpin langsung oleh Umi Latifah, direktur Lembaga Pers Mahasiswa Islam. “Sangat antusias sekali” ujar bu direktur saat berdiskusi dengan redaktur kedu Bapak Aro dan Bapak Partono. Karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pelatihan jurnalistik. Setelah sebelumnya mendapatkan berbagai teori tentang jurnalistik. Dalam kunjungannya di jawa pos, peserta mendapat informasi tentang bagaimana proses redaksi dalam media massa, yang dijelaskan secara gamblang oleh Redaktur, mulai dari ujung tombak reporting sampai kepada cetak dan distribusi. BeQy.

Ahmad Subkhi
Crew Lembaga Pers Mahasiswa Islam Cabang Semarang

1 komentar:

lapmics mengatakan...

lanjutkan!!!!!

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com