Kamis, 28 Februari 2013

Nasib yang Eksotis


Pendidikan bagi bangsa indonesia adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mencerdaskan bangsa. Pemerintah juga mewajibkan bagi anak-anak di Indonesia untuk mengenyam pendidikan sembilan tahun. Ironisnya, sekarang banyak ditemukan anak-anak yang seharusnya merasakan indahnya mengenyam bangku pendidikan, mereka berkeliaran dilampu merah, bus-bus kota, bahkan di pasar. Masa anak-anak mereka sudah dituntut untuk mencari nafkah bahkan tidak jarang menjadi tulang punggung keluarga. Dengan keadaan yang seperti ini mereka tidak putus asa hanya menjadi tulang punggung keluarga lantas mereka tidak bersekolah, justru mereka berjuang lebih keras lagi untuk dapat bersekolah. Pentingnya pendidikan bagi mereka telah menghapus rasa capek dan putus asa. Pentingnya pendidikan bagi mereka juga menyadarkan mereka untuk berjuang lebih keras lagi. Apalagi, bagi mereka yang telah menjaadi tulang punggung keluarga pendidikan merupakan ladang mereka untuk mengembangkan daya pengetahuan dan menambah bekal mereka kelak.


Sebaliknya, bagi mereka yang beruntung mengenyam pendidikan secara utuh berlomba-lomba untuk mengejar pendidikan yang setinggi-tingginya. Tidak sia-sia perjuangan Ki Hajar Dewantara yang telah memperjuangkan pendidikan supaya tidak selamanya terbelenggu dan terinjak–injak bahkan diludahi oleh penjajah. Inilah kebangkitan nasional dimata remaja saat ini. Semangat yang ditunjukan untuk memperjuangkan pendidikan begitu tinggi. Anak-anak yang berusaha melawan kebodohan dan terbuka dengan pentingnya mengenyam pendidikan untuk mencerdaskan bangsa agar dapat sejajar dengan negara-negara maju.
Hal inilah yang menjadi sorotan. Bahwa, bahwa dahulu kebangkitan nasional adalah berjuang untuk melawan penjajah dan mempertahankan bangsa Indonesia dengan kontak fisik. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kebangkitan nasional dibuktikan oleh mereka dengan cara berlomba-lomba untuk mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya. Hal demikian dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh anak bangsa dan mengharumkan nama bengsa dengan hasil yang mereka peroleh.
By: Zahratunisa

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com