Jumat, 01 Maret 2013

“Sinopsisku dan Dia”


Berbicara sains dan Islam dalam Konsepsi Alam Semesta, geblah uyah yang rame dari diskusi rabu 24 Oktober 2012 di Serambi Masjid IKIP PGRI, namun bermakna akan keringnya pemahaman kita mengenai alam semesta. Semoga dalam nostalgia dosen saya bisa menginspirasi dosen-dosen lain. Ilmu Baru gartis dari SKS, namun Ilmu lama masih saja menjadi Idola bagi mereka meski membayar tak terkira.hmm... semuanya kembali lagi ke individunya masing-masing. Semoga teman-teman seperjuangan ini masih menjaga api dalam diri untuk meningkatkan lagi ke air, angin dan Ikhlas.amin
thanks for Pak Sigit Ristanto, S.Si, M.Sc. alumni HmI Komisariat Teknik UGM.
            Tadi sampai mana??? Sains dan islam dalam konsepsi Alam Semesta, pertama Pendefinisian Sains, Islam, dan Alam Semesta. Apa itu Sains? Dan beliau menerangkan, sains adalah alam itu sendiri, yang bisa teramati oleh indrawi kita. Yang nantinya menjadi hukum-hukum, postulat, teorema, kesepakatan ilmiah, karena memakai metodologi eksperimen, pengamatan, serta memadukan teori. Dan inilah Sains tertutup. Sains bersifat relatif terhadap ruang-waktu sehingga kebenarannya pun relatif.
            Islam merupakan agama. Disini al qur’an berperan penuh menjawab permaslahan yang tak bisa dijawab oleh sains. Pendekatan Kauniyah dan Kauliyah serta iktiar manusia dengan akalnya, menjawab keganjilan-ganjilan semesta. Dan agama adalah pendekatan yang komprehensif. Agama benar disisi Allah dengan pemahaman hakiki. Sebagai sandaran bagi mereka yang kering spiritual. Agama bersifat transeden.
Perjalanan pemahaman Sains dan Agama menjadi dikotomi, dari zaman Renesaince, berawal hukuman mati terhadap Galileo Galilei karena pemahaman bumi sebagai pusat alam semesta, dan Copernicus yang mengutarakan pusat tata surya adalah matahari dan sebagai pusat alam semesta,  pada waktu itu bertentangan dengan doktrin gereja.
Abad 17, abad Newtonian dan Leibniz “Fisika Klasik” pandangan alam semesta secara mekanistik, seperti kita melihat cara kerja sepeda, ada roda yang berputar, dan alam semesta merupakan keteraturan dari gerakan mekanis. Pandangan saat itu ruang-waktu bersifat mutlak.
Mekanika Newton dan Kalkulus Leibniz yang mendongkrak revolusi industri di Perancis. Adanya penemuan-penemuan dari mekanika.
Abad 19, abad Albert Einstein “Fisika Modern” pandangan ruang-waktu bersifat relatif, dunia dalam alam mikrokopis, teori-teori atom berkembang. Pandangan partikel elementer keberadaannya ada dengan pendekatan probabilitas. Ruang kosong dalam atom lebih banyak daripada ruang yang berisi inilah yang menjadikan Dunia Ilusi(The World of Illusion)
Adalah makroskopis, Dunia astrofisika yang mempelajari sistema tata surya di langit, benda-benda langit beserta siklus kehidupan bintang. Berbicara bintang materi yang memiliki energi panas yang menghasilkan spektrum cahaya. Materi menjadi energi baru. Energi menjadi materi, yang menjadi konsen saya, ketika membahas api” apakh api suatu materi? Dan Pak Sigit menjawab itu bukan materi, tetapi kenampakan energi. ketika membahas materi plasma, apakah plasma perwujudan dari jin? Nah...pertanyaan ini pun saling menggelitik... mengingat E= mc2. Energi ini memiliki massa dan dalam ruang –waktu beserta kecepatan cahaya.
Abad 21, “Dunia Fisika Baru” by. Ficrof Capra
Partikel kecil(elementer) tidak ada. Kenapa tidak ada? Berbanding terbalik pada dunia Fisika Modern mengenai “Materi” materi terkecil yaitu Quark, dan quark masih terbagi lagi up dan down, dunia Fisika Baru melejitkan pendekatan mistisme. Pertanyaannya di dunia ini terdapat materi gelap dan energi gelap serta the hidden connection , apa itu materi gelap dan energi gelap serta the hidden connection? Apakah semua itu saling terkait? Lalu apakah ada alat indikator untuk mencerna ini? Untuk saat ini adalah intuisi yang mencerna.
Berbicara teori String, 11 dimensi. Untuk penjelasan teori String monggo dicari...
Nah,,,berbicara teori string maka ane mulai muled,,, so sumonggo Mas Shoim bisa memberi bimbingan dan arahan buat kami “_”v


by: abi shunu_KOMSAT MIPA IKIP PGRI SEMARANG

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com