Kamis, 12 Februari 2009

WORKSHOP FOTOGRAFI KOMPAS GRAMEDIA BOOK FAIR 2009


SEMARANG (10 Februari 2009) – Sedikitnya ada 50 orang memadati kursi yang telah tersedia di acara workshop fotografi, acara ini berlangsung pada pukul tiga sore. Dengan nara sumber Mas Buana dan Mas Rendra dari pihak Kompas. Workshop fotografi yang diadakan oleh kompas ini sebagai rangkaian acara besar yaitu momentum ”Kompas Gramedia Edu Dan Book Fair 2009”, yang diadakan di Java Supermall Semarang selama enam hari.

Acara berlangsung dengan meriah tampak dari peserta yang sangat antusias dalam mengikuti acara ini hingá akhir. Bahkan workhop kali ini diwarnai dengan hubungan timbal balik antara peserta dengan pembicara. Paling menariknya selain mendapat suguhan workshop jurnalistik gratis, para peserta juga mendaptkan kartu undangan dan setiap sesen acara mendapatkan doorprize menarik dari panitia penyelengara. Hal tersebut menjadikan kegiatan ini semakin diminati, bahkan bagi mereka yang belum paham dunia fotografi sekalipun.

Workshop fotografi ini menyajikan pelatihan dan pengenalan seputar fotografi jurnalistik. Dalam artian visualisasi yang dapat di interprestasikan kedalam tulisan berita, sehingga para pembaca mendapatkan informasi yang benar, akurat, dan menjadikan kesan indah pada koran atau majalah.

Pada setiap kegiatan fotografi perlu ketelatenan dan kepekaan dalam setiap pengambilan gambar, sebab jika seorang fotografer tidak dapat memanfaatkan momentum maka ia akan kehilangan hasil yang memuaskan. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan bagi mereka yang suka dunia fotografi khususnya fotografi jurnalistik. Pertama, dapat memafaatkan momentum yang sekiranya sangat menarik dan pantas untuk diberitakan. Kedua, membutuhkan kepekaan dan kepercayaan diri pada setiap pengambilan gambar. Ketiga, pada saat pengambilan gambar hendaknya pilih yang kiranya menarik dan sangat terkesan. Keempat, setiap detik adalah peluang untuk pengambilan gambar, maka jangan lengah. Kelima, kita harus pandai dalam pengambilan gambar, hal ini perlu pelatihan mendalam untuk mengambil gambar yang indah.

Untuk menjadi fotografer profesional khususnya bidang jurnalistik kita harus terus berusaha berkelanjutan dan kamera sekiranya selalu ada ditangan kita. Karena setiap orang memiliki potensi untuk menjadi fotografer yang handal. Maka hal itu bagi fotografer pada setiap waktu selalu ada hal yang menarik dan perlu ada konskwensi untuk terus belajar. (redaksi)

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com