Minggu, 22 Maret 2009

Program-Program Usaha Mandiri dan Sosial Paguyuban KenduriHani;


1.Koperasi KenduriHani.

Koperasi ini, pada awalnya mendapatkan modal dari penyisihan pendapatan anggota dari program kolekte setiap acara pertemuan kenduri hani. Mekanisme yang ada, setiap keluarga dimintai iuran minimal untuk menjadi “uang meja” tuan rumah, sebagian uang yang terkumpul diberikan kepada tuan rumah untuk membantu biaya makan dan minum selama acara berlangsung dan sisanya di kumpulkan kepada Bendahara Paguyuban KenduriHani.

2.Retail kebutuhan pokok rumah tangga.

Program usaha ini merupakan ide lama dari para anggota yang baru terlaksana dan dipegang oleh saudara Imam Riyadi untuk menjalankan usahanya. Mekanisme yang dijalankan adalah, para anggota paguyuban sepakat untuk melakukan transaksi pembelian kebutuhan pokok rumah tangga kepada agen kendurihani yang ditunjuk. Dalam hal ini adalah saudara Imam Riyadi, sedangkan modal untuk menjalankan usaha retail ini, back up penuh oleh koperasi kendurihani.

3.Beasiswa Aktivis.

Beasiswa ini diberikan kepada para aktivis mahasiswa yang mengalami permasalahan keuangan untuk menjalankan studinya dikampus. Adapun syarat utama dan mutlak harus dipenuhi oleh para penerima Beasiswa ini adalah para AKTIVIS KAMPUS yang benar-benar punya NIAT-an untuk MENYELESAIKAN STUDI-nya. Untuk lebih jelasnya, bisa dihubungi Sekretariat KenduriHani atau Pengurus Cabang HMI MPO Semarang.

4.Pengembangan Mental Spiritual.

Dengan semakin berkembangnya modernisasi, dan tuntutan jaman yang serba materi, membenarkan tesis yang dikemukakan oleh Karl Marx, Manusia akan teralienasi dengan pola peradaban KAPITALISTIK. Oleh karenanya, untuk membantah tesis tersebut, dan menyeimbangkan kehidupan manusia, paguyuban kendurihani mengadakan acara rutin “WIRID DAN DOA BERSAMA” sebelum forum dimulai. Acara ini, biasanya dipimpin oleh kyai kharismatik dari aliran mana saja, karena kita sepakat bahwa forum ini adalah manifestasi dari firman Tuhan bahwa keberagaman adalah karunia terindah yang tiada tandingnya.

5.Tabungan Simpan Pinjam.

Tabungan dan pinjaman sukarela dengan kompensasi yang dibahas bersama demi kebaikan bersama, tanpa ada perasaan yang saling mendholimi. Tabungan ini adalah salah satu dari pengembangan sayap koperasi kendurihani yang dirintis bersama-sama dengan konsep dari dan untuk umat.

1 komentar:

Moh Sri Handoko mengatakan...

siapa yang mau ikutan? Terkhusus buat pasca Struktur PC mbok ikutan acara kenduri hani....

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com