Minggu, 15 Desember 2013

LAPMICS AKAN SELENGGARAKAN TRAINING JURNALISTIK TINGKAT I



Ikutilah Training Jurnalistik Tingkat I yang akan diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Semarang. Training diagendakan berlangsung tanggal 27-29  Desember 2013 di Graha Pena (Jawa Pos), Banyumanik Semarang. Training ditujukan khususnya untuk anggota LAPMI Cabang Semarang maupun Kader HMI pada umumnya dengan batasan maksimal peserta 40 orang. Dimaksudkan untuk memberikan keterampilan jurnalistik bagi pemula dengan materi: Pengantar Jurnalistik dan Ke-LAPMI-an, Teknik Reportase dan Penulisan Berita, Analisis Kritis, News Room (Kunjungan ke Media), dan Opini, dengan pemateri yang kompeten di bidang jurnalistik.
Mengusung tema, “Pengembangan Skill Jurnalistik upaya Membentuk Integritas Jurnalis”. Hal ini dilatarbelakangi saat ini pada jurnalis-jurnalis adalah lemahnya skill yang berpengaruh pada integritas yang disebabkan oleh faktor persaingan antar media sehingga banyak munculnya jurnalis-jurnalis muda yang belum tentu memahami ataupun memiliki skill jurnalistik. Hal tersebut berpengaruh pada berita atau laporang yang ditulis. Sebagai contoh sederhana, seorang jurnalis dituntut untuk memiliki skill reporting and writing original story. Ketidakpahaman mengenai hal tersebut akan berpengaruh pada lemahnya integritas dari seorang jurnalis sehingga membelokkan fakta dari sumber berita serta tidak bersifat publish karena suatu kepentingan.

Jurnalis harus konsisten dan mentaati kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya dengan baik (berkompetensi) dan amanah (berintegritas). Iman, ilmu, dan amal merupakan etos untuk meningkatkan integritas sekaligus kepekaan hati nurani. Keterpaduan ketiganya membuat seorang jurnalis tidak tergoyahkan oleh berbagai kepentingan partisan, pengaruh, tekanaan, dan godaan. Oleh karena itu, melalui Training Jurnalistik ini diharapkan dapat menempa kader-kader menjadi insan pers (jurnalis) yang berintegritas dalam bertugas.
Pendaftaran dan keterangan lebih lanjut bisa hubungi Ketua Pelaksana di nomor 089630014635 (Ulil Albab) atau 085640281855 (Noor Rochman).

Download TOR Training Jurnalistik Tingkat I 2013 
Download Kisi-kisi Training Jurnalistik Tingkat I 2013

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com