Selasa, 10 Desember 2013

ANIS BASWEDAN AJAK PEMUDA TURUN TANGAN DI SEMINAR KEPEMUDAAN HMI CABANG SEMARANG


Edy Darmoyo (Kiri), Muhammad Nur (Tengah), dan Anies Baswedan (kanan) di Seminar Kepemudaan

HMI Cabang Semarang mengadakan Seminar Kepemudaan dengan tema “Saatnya Pemuda Memimpin Indonesia, Membangun Idealisme dalam Menyongsong Masa Depan Bangsa” pada Minggu (3/11/2013) bertempat di Hotel Grasia Semarang. Seminar Kepemudaan kali ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang dan umum.

Pembicara dalam seminar kali ini adalah 1) Anies baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina & Penggagas Indonesia Mengajar), 2) Dr. Muhammad Nur, DEA (Fisikawan dan Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro), dengan Keynote Speaker dari Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), dan dimoderatori oleh Edy Darmoyo (Trainer & Motivator, Mantan Ketua HMI Cabang Semarang).

Pembukaan seminar dimulai pukul 09.00, diawali dengan penampilan seni gamelan karawitan dari mahasiswa IKIP Veteran Semarang dan pertunjukan tari saman dari mahasiswa UNDIP Semarang, serta pembacaan monolog puisi menolak korupsi oleh Lukni Maulana (Direktur Sciena Madani).

Dalam laporan ketua panitia seminar, Ibnu Himawan (Kader dan Ketua HMI Komisariat Syariah IAIN Walisongo) mengatakan “Sayidina Ali masuk Islam saat muda, Soekarno juga menginginkan sepuluh pemuda utuk memimpin dunia, Syekh Yahya, ketika muda bertekat kuat maka bisa memipin dunia. Kemudian dari pendapat-pendapat tersebut diturunkan dalam Tema seminar kali ini, untuk membangun Idealisme Pemuda”, kata Ibnu.

Selanjutnya, dalam sambutan-sambutan, Ketua Umum HMI Cabang Semarang, Nur Khasan, mengucapkan “Selamat datang dan terimakasih kepada narasumber, dan pihak Gubernur, Komunitas Kaki, Komunitas Turun Tangan”. Nur Khasan, menyampaikan keprihatinannya dengan kondisi pemuda saat ini, yang cenderung mengadopsi budaya barat seperti boyband.

Sambutan ditutup dengan Keynote Speaker dari Ganjar Pranowo sekaligus membuka acara, diwakili oleh staff gubernur Jawa Tengah. Dalam catatan Ganjar Pranowo khusus untuk membuka Seminar Kepemudaan yang dibacakan, Ia menyampaikan “Tema seminar kali ini pas, karena momennya adalah Sumpah Pemuda.  Idealisme yang harusnya menjadi semangat pemuda saat ini pudar, cenderung egosentris, dan studi oriented yang rela memperjualbelikan  idealisme demi kepentingan praktis dan ekonomis. Kondisi ini berbeda dengan semangat idealisme pemuda pada era perjuangan kemerdekaan bangsa. Semangat idealisme harus mencul pada pemuda saat ini, seperti HMI yang selalu menjunjung tinggi idealismenya, dan sejarah telah mencatat para alumni HMI yang menjadi pemimpin dengan tetap memperjuangkan idealismenya”, paparnya.

Pada sesi seminar, pembicara yang pertama, Dr. Muhammad Nur, DEA, menyampaikan “Pemuda, itu harapan pemimpin di masa depan, yang harus mampu membawa bangsa Indonesia menghadapi pasar bebas ASEAN dan Asia Pasifik kedepan serta persaingan bangs-bangsa dalam era Global. Pemimpin tersebut adalah seorang pribadi utuh dan penganut paham kepemimpinan kuantum
(Quantum Leadership). Dalam sejarah fisika muncul teori fisika kuantum seperti munculnya teknologi HP, karena metode kuantum yang menemukan untuk berkomunikasi dengan cara lain. Dalam pandangan Kuantum, segala susuatu  awalnya tidak mungkin  terjadi, jika diperoleh suatu kondisi saling mendukung, yang tidak mungkin menjadi mungkin,” paparnya.

Menurut Muhammad Nur, Quantum leadership adalah kepemimpin yang menginginkan terobosan dan secara efektif memenuhi kebutuhan organisasinya. Pengembangn diri seseorang yang menganut quatum leader adalah self prerparation, belajar dari pemipim lain, secara konstisten mengatur waktu untuk mencapai tujuan, menigkatkan komitmen, secara efektif menganalisis sebuah perubahan, Man Shobaru Zhafira,  anak-anaka muda yang sukses adalah anak muda yang sabar dan melakukan sesuatu yang benar dengan taat asas, menafkahkan sebagian rezeki, orang yang beristighfar sebelum shubuh, insyallah diri kita mampu.

Senada dengan pembicara sebelumnya, pembicara kedua Anies baswedan, Ph.D mengajak pemuda berganti perspetif dari perspektif orang tua yang menganggap pemuda sekarang bermasalah menjadi percaya pemuda sekarang mampu menjadi pemimpin dunia. Menurut Anies, seorang disebut pemimpin jika ia memiliki pengikut contoh sederhananya seperti ketika menjadi imam sholat. Seorang diikuti karena dipercaya.  Anies, merumuskan trust (kepercayaan)= kompetensi+integrity (integritas) +intensity (kedekatan)-self interest (kepentingan individu). Tiga hal pertama akan menambah kepercayaan tetapi ketika kepentingan individu ditambahkan maka kepercayaan akan turun.

Pemuda Harus Turun Tangan
Anies menyampaikan tahun depan bangsa Indonesia akan menghadapi pemilu 2014, saat ini memang ada pemuda yang bermasaah, tetapi masih ada pemuda yang lain yang lebih baik. Namun, pemuda yang lain tidak ikut turun tangan  hanya ikut angan. Pemuda tahun depan harus ikut turun tangan, dan jangan diam, dan apabila tidak ikut turun tangan maka jangan berkomentar dalam twitter. Sekarang orang baik yang ingin maju  tidak punya teman, karena orang yang lain yang baik memilih diam saja. Jika hanya pemuda hanya menonton dan berdiskusi jangan harap perubahan dalam politik sebuah bangsa. Anies menantang untuk pemuda, untuk ikut turun tangan. Untuk menjadi pemimpin, pemuda Indonesia harus ikut memilih turun tangan dan berjuang.

Sebagai penutup, Moderator Edy Darmoyo menegaskan “kita telah mendapat sebuah nutrisi semangat untuk menerima tantangan, seperti dalam  kondisi sejarah yang dihadapakan permasalahan, maka pilihannya adalah dua, diam atau turun tangan?”, serentak peserta menjawab “ikut turun tangan”.  Moderator menegaskan untuk turun tangan maka pemuda harus merapatkan barisan, dan jangan diam.

Acara seminar ditutup pada pukul 12.30. Penutupan diisi dengan penyerahan kenang-kenangan kepada narasumber, dan para peserta langsung menyerbu Anis untuk ikut foto bersama. (NR)


Anies Baswedan (kanan), Ketua Panitia Seminar (Kiri) dan Peserta Seminar Kepemudaan HMI Cabang Semarang

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com