Rabu, 29 Januari 2014

POTENSI ALAM DI SEKITAR MAKAM SUNAN MURIA


            Sunan Muria merupakan salah satu sunan yang ikut menyebarkan agama islam, khususnya di daerah kudus dan jawa tengah. Makam Sunan Muria ini terletak dipegunungan muria tepatnya di daerah kudus. Meskipun Sunan Muria sudah wafat, namun masih membawa rezeki dan karomah bagi para masyarakat sekitar dan para peziarah yang selalu datang berbondong-bondong dari berbagai daerah.
            Fenomena alam yang ada disekitar makam Sunan Muria menambah suasana pengunjung semakin ramai. Di sekitar Makam Sunan muria terdapat air terjun yang diberi nama air terjun monthel, air tiga rasa, dan juga terdapat  makam seorang Ulama besar yang konon katanya merupakan seorang Guru dari Sunan Muria yaitu Syeikh Sadzali.
Syekh Sadzali dahulu datang dari Arab, beliau merupakan salah seorang yang juga berkontribusi besar terhadap peperangan Sam Po Kong, yang memberikan wasilah kepada Sunan Muria sehingga memenangkan peperngan tersebut. Disekitar makampun terdapat banyak makam yang dahulunya merupakan pengikut Syekh Sadzali, diantaranya Syeh Ali Murtadha, dan Abu Sulam, Syeh Abdul Rohman dan masih banyak lagi.
            Keistimewaan yang diatawarkan bukan hanya sebatas sejarah dan unsure religiusitas, tetapi juga sterdapat keindahan alam yang begitu menakjubkan, yang memiliki nilai lebih tersendiri sehingga bisa dikatakan merupakan sebuah potensi yang perlu dikembangkan. Air Terjun Monthel, Air Tiga Rasa, merupakan beberapa tempat yang menjadi focus pembahasan kali ini. untuk menuju kesana hanya memerlukan waktu ± 2 jam ditempuh dengan berjalan kaki. Mari coba kita telaah secara seksama dan bersama.

Air Terjun Monthel
Air terjun Monthel terletak tidak jauh dengan makam Sunan Muria. Biasanya para peziarah setelah selesai berziarah ke makam Sunan Muria mereka tidak langsung pulang, akan tetapi menikmati suasana keindahan obyek wisata yang tidak jauh dengan Makam Sunan Muria. Air terjun Monthel merupakan salah satu obyek wisata tambahan yang berada di sekitar Makam Sunan Muria. Dengan adanya obyek wisata tersebut, para pengunjung dan para peziarah dapat melepaskan rasa capeknya setelah perjalanan yang sangat melelahkan, biasanya mereka menikmati air tejun montel dengan mandi di bawah air terjun atau hanya berfoto-foto untuk mengabadikan keindahanya.
Begitu sangat disayangkan ketika keindahan bisa kita peroleh dengan mudah dan murah tetapi kadar keindahannya berkurang untuk tiap tahunnya. Debit air yang di air terjun tersebut merupakan salah satu daya tarik pengunjung tiap tahunnya mengalami penurunan, apalagi di musim kemarau debit air Montel semakin sedikit dan bahkan hampir kering, ini sungguh ironis ditengah makin populernya air terjun montel sebagai salah satu tujuan wisata di kabupaten Kudus. Pembalakan liar dan alih fungsi hutan sebagai lahan pertanian disinyalir menjadi sebab atas fenomen ini. sehingga tidak menjadi hal yang mustahil jika pada tahun-tahun yang akan datang pesona keindahan alam air terjun montel tidak bisa dinikmati oleh genersi mendatang.

Air tiga rasa dan makam Syekh Sadzali beserta pengikutnya
Obyek wisata air tiga rasa, sebagai bagian dari situs rejenu peninggalan dari Syekh Sadzali menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mengunjungi obyek wista tersebut. Pada umumnya pengunjung meyakini bahwa air ini bermanfaat sebagai maun al syifa’ ( obat), maun al hayat (penghidupan atau keabadian) , maun ilmi (kepandaian), melamcarkan usaha dsb. Air tiga rasa ini bersumber dri tiga buah sendang yang memiliki rasa air yang berbeda-beda. Menurut kepercayaan pengunjung dan masyarakat sekitar rasa air tiga rasa tergantung akan amal ibadah orang yang meminumnya, dan terkadang rasanya berubah ubah. Sedangkan menurut kami yang menggunakan penelitian yang lebih ilmiah rasa air yang berbeda-beda ini disebabkan oleh tanaman-tanam obat yang ada disekitar ketiga sendang tersebut.
Obyek wisata air tiga rasa dan makam Syekh Sadzali terletak dibalik bukit air terjun Monthel. Suasana di obyek wisata tersebut tidak seramai Makam Sunan Muria, karena letaknya yang sangat jauh dan melewati jalan yang menanjak dan menurun. Sehingga para peziarah dan para pengunjung jarang yang datang untuk berziarah dan merasakan air tiga rasa. Dan mungkin dengan jarak yang jauh, para pengunjung tidak mengetahui jika dibalik bukit air terjun menthol terdapat sebuah makam dan air tiga rasa.
Peziarah yang datang di obyek wisata ini, setelah mereka melakukan ziarah ke makam Syekh Sadzali, biasanya mampir ketiga sendang yang tidak jauh dari makam. Mereka mencoba merasakan air dan membasuh wajah mereka dari sendang satu ke sendang lainya , karena ketiga tersebut mempunyai rasa yang berbeda dan kebanyakan mereka sengaja membawa botol dan mengisinya dengan air tiga rasa untuk dibawa pulang.
Namun amat disayangkan kondisi situs sejarah rejenu sudah mengalami banyak kerusakan , sisa-sisa peninggaln syekh sadzali dan pengikutnya seperti bekas pondasi bangunan, dan gerabah-gerabah seperti keramik dsb, sudah banyang hilang dan musnah.
Team Reporter (Potensi Alam)
Rinwantin, Edy, Ulil, Irna, dan Mas Tian PY.



0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com